proposal majalah kampus

PROPOSAL 

“Pada hakekatnya setiap manusia adalah penulis. Dan dibalik setiap kata yang diciptakan seorang penulis terdapat sebuah dunia yang menunggu untuk diceritakan. Maka, Ketika seorang penulis menuangkan pemikirannya dalam sebuah tulisan, ia tengah menggoyang dunia”.
( Emerson, 1968)


Assalamu’alaikum Wr.Wb

I. Pendahuluan
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan nafas (diri) dan menyempurnakan ciptaan-Nya, yang telah mengilhamkan kedurhakaan dan ketaqwaan, dan memuji orang-orang yang senantiasa mengagungkan ajarannya.
Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah pada junjunan nabi besar kita, nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, serta kita semua sebagai umatnya.
Rahmat yang senantiasa harus disyukuri oleh setiap insan manusia ialah ketika ia memiliki kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. Inilah yang menjadi tolak ukur pula manusia senantiasa mempunyai derajat yang lebih tinggi dan dimuliakan oleh Allah SWT. 
Kemampuan akal dan pikir, tentu tidak akan berguna jika kita tidak bisa meng aktualisasikannya. Maka agar kemampuan yang luar biasa ini dapat terfungsikan secara maksimal, manusia harus mencari jalan untuk mencurahkan segala pemikirannya. Dan salah satu jalan tersebut ialah dengan cara menulis.
Dengan menulis, kita dapat menuangkan segala pemikiran kita, apa yang dirasakan, apa yang dipikirkan dan apa yang ingin kita ceritakan. Dalam konteks menulis ini, tidak penting seseorang menulis dengan semerautan, karena yang terpenting adalah ketika orang tersebut mau dan mampu untuk mengaktualisasikan kemampuan yang telah dianugerahkan Allah SWT kepadanya sebagai seorang manusia. 

II. Dasar Pemikiran

Mahasiswa sebagai insan akademis yang senatiasa dituntut untuk bisa mengaktualisasikan kemampuan yang telah dianugerahkan Tuhan tersebut, tentu memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi untuk dapat mewujudkannya serta menghasilkan tulisan-tulisan yang brilian dan dapat membangun dunia.

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) yang baru dibangun dalam dunia pendidikan naungan UNPI pada tahun 2006 lalu, tentu memiliki latar belakang yang kuat untuk menghasilkan insan pemuda/i yang mempunyai kepedulian akan tuntutan dunia komunikasi yang semakin canggih baik pada dunia Jurnalistik maupun dunia Hubungan Masyarakat. 


Hal ini, akan terwujud dengan harmonis pula, bila mahasiswa FIKOM tersebut memiliki rasa tanggungjawabnya, bukan hanya sebagai manusia yang diberikan kemampuan berpikir, tetapi juga menyandang predikat sebagai mahasiswa yang berkecimpung dalam dunia komunikasi dengan menciptakan wadah apresiasinya dalam bentuk “Pers Kampus”.

Pada Tanggal 29 Desember 2007, untuk pertama kalinya di UNPI lahirlah Pers Kampus yang berorientasi pada bentuk Buletin 8 halaman yang diberi nama “Wahana Kampus” dan buletin ini terwujud atas kerja keras 24 orang mahasiswa (2 angkatan) serta dukungan penuh dari dekan fakultas FIKOM. Dari sinilah, rasa memiliki dan bangga menyandang predikat mahasiswa FIKOM dapat dirasakan. Dibawah naungan program divisi dalam Senat fakultas FIKOM, buletin “Wahana Kampus” dapat terus melaju terbit sampai 4 Edisi. (Edisi Desember 07, Edisi Januari 08, Edisi Maret 08, Edisi April 08) yang pendanaannya mengandalkan suasembada dari masing-masing mahasiswa FIKOM sendiri.

Program kerja senat yang berada dibawah Divisi Humas dan Informasi (merangkap redaksi) ini tentu harus dipertahankan sampai generasi dan angkatan selanjutnya, karena respon dari mahasiswa UNPI sekarang sangat baik terhadap penerbitan bulanan ini. Sehingga minat baca yang asalnya sangan minim, menjadi luar biasa antusias.

Namun karena pendanaan tersebut tidak selamanya bergulir dan sangat terbatas, maka kami memohon bantuan dana kepada pihak lembaga agar kreatifitas menulis serta semangat dalam membangun pers kampus tersebut tidak terhambat dan terabaikan. 


III. Maksud dan Tujuan

1) Mengembangkan bakat serta kemampuan menulis dalam wadah yang edukatif
2) Menghadirkan sarana yang mumpuni bagi seluruh mahasiswa UNPI umumnya dan untuk mahasiswa FIKOM khususnya untuk aktif, kritis, dan dinamis dalam kemajuan teknologi kepenulisan serta kepekaan dalam mengolah data dan berita
3) Menciptakan motivasi yang berkesinambungan untuk seluruh masyarakat kampus untuk terus mengasah kemampuan serta kecintaannya pada menulis
4) Membangun citra kampus, sebagai satu-satunya kampus yang menyediakan lapangan pendidikan perguruan tinggi yang peduli terhadap perkembangan Pers dan Jurnalistik di Cianjur
5) Dengan adanya kerjasama serta bantuan yang maximal dari pihak lembaga, tentu akan menjadi modal semangat yang lebih untuk terus meningkatkan daya kreatifitas yang nantinya akan membangun insan akademis yang mampu bersaing dengan dunia komunikasi

IV. Anggaran Biaya

Terlampir


V. Susunan Tim Redaksi Buletin “Wahana Kampus”

Terlampir
Lampiran 1
Anggaran Biaya

Biaya Produksi
• Biaya Percetakan 1 bulan x @ Rp 200.000 Rp 200.000, 00
• Pembuatan Stiker (60 buah) 2 lembar x @ Rp 12.000 Rp 24.000, 00
• Pembuatan ID Card Pers Kampus 24 x @ Rp 12.000 Rp 288.000, 00 +
Jumlah Rp 512.000, 00


Biaya yang dibutuhkan Produksi buletin adalah Rp 512.000,- Terbilang “ Lima Ratus Dua Belas Ribu Rupiah”. 


Adapun Estimasi biaya penjualan bulletin :

Biaya Produksi Percetakan Rp 200.000,- adalah untuk 50 eksemplar buletin, sedangkan harga jual per eksemplar untuk segmentasi mahasiswa adalah Rp 1000,- 
Maka, 
Biaya Percetakan Rp 200.000,00
Hasil Penjualan Rp 50.000,00 –
Jumlah Rp 150.000,00 

Jumlah kerugian yang ditanggung yaitu sebesar Rp 150.000,00 untuk setiap penerbitan. Oleh karena itu, kami memohon pada pihak lembaga agar dapat membantu kekurangan tersebut setiap bulannya untuk periode 6 bulan kedepan, dengan pertimbangan estimasi biaya diatas.


Lampiran II
Susunan Tim Redaksi


■ PELINDUNG : Prof. Dr. H. Dudih A Zuhud. MA
■ PENANGGUNG JAWAB : Drs. Suprayogi. MSi
■ DEWAN REDAKSI : Ridwan Mubarok S.Sos
■ PIMPINAN REDAKSI : Siska Dian Klaresia
■ KEUANGAN : Rinna Yuliana 
■ REDAKTUR : Ardjia Adiati Kharisma
Rd. Ayu Ega Maryati
■ EDITOR REDAKSI : Nurida HusnaningTyas
■ REDAKTUR PELAKSANA : Ismi Maryati
Sanni Irawati Rahman 
■ MANAGER PRODUKSI : Galih Rahmat Ginanjar
Dena Anggriana
Elin Rismayanti
■ IKLAN & SIRKULASI : Firna Resmi Apriani
Sri Wahyuni
Gunadi Maulana
Agung Gumilar Kurtiwa
Lenna Yuliana
Nita Oktavianita
■ REPORTER & LIPUTAN : Jiwa Nanda
Anggre Oktavia
Rida Sulhitunisa
Vera Silvia Eryane
Agung Ragab Junjunan
Yoga Andhika Putra
Rega Krisma




Lembar Pengesahan






Siska Dian Klaresia Elin Rismayanti
Pimpinan Redaksi Buletin Sekretaris Umum 


Mengetahui
Pengurus SEMA
Fakultas Ilmu Komunikasi UNPI – Cianjur



Galih Rahmat Ginanjar
Ketua Umum





Mengetahui, Mengetahui,
Dekan Fikom UNPI Cianjur Pihak Rektorat UNPI Cianjur

Comments

Post a Comment

Popular Posts